COMPANY PROFILE




        
Profile
Nama Usaha               :  MAHESA PERKASA
Jenis Usaha                :  Perorangan
Produk atau Jasa         :  Sapi perah (FH) dan sapi potong 
                                   (pedaging) jenis Bali, Jawa, Ongole, BX, dll
Pemilik Usaha             :  Dendy Prihanggo
Alamat Usaha Farm      : Jl. PENARIKAN no 37. Kel Pasir Putih, Sawangan 
                                    Permai, Depok
Berdirinya Usaha         : September 2006
Ruang Lingkup Usaha   : Peternakan Sapi Perah dan penggemukan
                                   (fedlot)
Jumlah Karyawan         : 48 Karyawan

     Latar Belakang
  •  Permintaan dunia terhadap pangan hewani (daging, telur dan susu serta produk olahannya) sangat besar dan diproyeksikan akan meningkat sangat cepat selama periode tahun 2010-2020 mendatang khususnya di negara-negara sedang berkembang.
  •  Peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya protein hewani juga ikut mendorong meningkatnya permintaan terhadap pangan hewani.
  •  Untuk memenuhi permintaan tersebut, produksi ternak domestik belum mampu untuk mencukupinya, sehingga harus dipenuhi melalui impor yang cenderung semakin meningkat dari tahun ke tahun.
  •  Tanpa impor, terjadi pengurasan ternak lokal atau konsumsi protein hewani akan menurun secara signifikan.
  •  Kondisi nyata kinerja pembangunan peternakan lokal yang belum optimal.
  •  Agribisnis berbasis peternakan yang merupakan salah satu pilar pembangunan sosial ekonomi.
  •  Pemanfaatan dan pelestarian sumber daya peternakan yang seimbang, merupakan blue print pengembangan peternakan di masa mendatang.
  • Potensi permintaan yang cukup besar akan bahan baku atau bahan dasar dari setiap makanan yang bersumber pada produk  jenis sapi dalam rangka pemenuhan kebutuhan hypermarket, catering, hotel, restaurant, retailers, industri makanan olahan, industri dagang, hajatan sampai kebutuhan rumah tangga di DKI Jakarta dan sekitarnya. Dalam hal ini, MAHESA PERKASA sebagai salah satu pelaku usaha dan informasi  siap berperan aktif dalam mengupayakan dan memaksimalkan potensi-potensi budidaya sapi yang ada di Indonesia.   
     Visi                                        
  • Menjadikan usaha dalam bidang budidaya sapi terbaik dan terdepan di Jabodetabek serta diikuti peningkatan kesejahteraan individu didalamnya secara berkelanjutan dan melayani dengan cerdas sehingga memberikan manfaat bagi stakeholders terkait : pelanggan, pemasok, kemitraan, perusahaan, masyarakat dan negara.
     Misi
  • Pertumbuhan dan perkembangan ekonomi usaha, pertumbuhan dan loyalitas pelanggan, inovasi produk, pemberian solusi serta layanan terbaik yang didukung sikap profesionalisme.
  • Diformulasikan melalui strategi dan kebijakan yang komprehensif, sistematik, berdayasaing, berkelanjutan dan ter-desentralisasi.
  • Sinergi kemitraan yang kuat, kerjasama tim yang solid, integritas kontribusi dan menghargai perbedaan.
  • Mengupayakan dan memaksimalkan potensi-potensi budidaya sapi yang ada di Indonesia.
  • Memberikan kualitas sapi dan produk  terbaik, sehat, aman dan halal dengan harga yang bersaing.
  • Tersedianya teknologi tepat guna Lembaga Penelitian bersama-sama Perguruan Tinggi merupakan institusi yang berwenang mengeluarkan teknologi hasil penelitian. Inovasi baru ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam penggunaan sumberdaya serta meningkatkan efisiensi dalam menghasilkan produk yang berdaya saing tinggi.
     Sasaran
  • Jika dilihat dari pangsa konsumsi, sekitar 48,3% daging yang dikonsumsi adalah daging unggas, 26,1% daging sapi, dan sisanya terdiri dari daging jenis ternak lain. Ini berarti selera konsumen terhadap daging sapi cukup potensial khususnya wilayah DKI Jakarta.
  • Mendukung penuh dalam memaksimalkan budidaya sapi di Indonesia dengan tujuan mengurangi kebutuhan ternak atau daging dan susu impor sehingga peternak kita dan produk atau sapi lokal mampu bersaing dengan negara lain.
  • Terbukanya pasar di negara lain seperti permintaan produk ternak lokal Indonesia (semen beku, sapi bakalan, dll.) cukup tinggi. Jenis sapi potong yang cukup diminati negara tetangga kita Malaysia adalah sapi Bali, baik sapi bakalan, bibit, maupun berupa semen bekunya.
  • Selama lima tahun mendatang, Malaysia mengharapkan Indonesia dapat mengekspor 10.000 ekor sapi potong, dan dari jumlah tersebut baru sebagian kecil, yaitu sekitar 850 ekor yang telah diekspor ke negara tersebut pada tahun 2003.
  • Ekspor ternak sapi potong lokal diharapkan dapat meningkatkan motivasi peternak maupun para investor untuk mengembangkan usaha pembibitan ternak, yang selama ini hanya dilakukan oleh peternak skala usaha kecil.
  •  Mendongkrak populasi dan citra sapi Bali sebagai sapi lokal kebanggaan Indonesia.
     Ruang Lingkup
  •  Penggemukan, pemerasan susu sagar dan pembibitan (breeding) bertempat di Kel. Pasir Putih, Sawangan-Depok.

     Beda Mahesa Dengan Yang Lain :
  • Mahesa memiliki personil muda yang berkeinginan maju dan mandiri.
  • Mahesa mengutamakan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan dan supplier.
  • Dirancang untuk menjadi pusat pemenuhan kebutuhan pangan  yang bersumber dari produk hewani khususnya sapi hidup dengan kualitas terbaik, sehat dan aman dikonsumsi.
  • Menjalin hubungan dengan  pelanggan melalui persahabatan dan hubungan emosional yang kuat.
  • Memiliki  reputasi  yang baik dan dipercaya oleh banyak pelanggan dan supplier.
  • Melakukan konsultansi dan diskusi secara berkelanjutan dengan pelanggan mengenai pemilihan produk yang baik dengan hasil yang lebih besar manfaatnya.
  • Konsep penyajiannya informatif dan professional.
  • Strategi Promosi dan Publikasi yang terarah dan terpadu.
  • Pelayanan delivery service dengan ketepatan waktu.
  • Adanya jaminan atau complain handling kepada pelanggan.
     Pelanggan Kami
  • Susu  : Para Loper susu didaerah citayam dan Ciputat, F&V yoghurt serta KPS Bogor dan Koperda PasarMinggu 
  • Hari raya Kurban : Dinas Bintal dan Kesos Prov DKI Jakarta,Dinas Dikmenti Prov Jakarta, Dinas Pertanian kota Depok , Kompleks  pertanian Citayam, AU Semplak-Bogor, Perusahaan Swasta, Perorangan, Sekolah, Yayasan dan Kelompok Mesjid di wilayah Depok, Bogor dan Jakarta.
Faktor Penentu Suksesnya Kerjasama
  • Kepuasan Pelanggan dan seluruh mitra sukses Mahesa Perkasa (win win solution)
  • Kerjasama yang dilakukan untuk jangka panjang dan berkelanjutan.
  • Berkembangnya gagasan, ide, kreatifitas dan inovasi dalam berusaha bagi pelanggan, perusahaan dan supplier.
  • Memberikan dampak positif bagi lingkungan serta perekonomian Negara.
  • Terbukanya peluang tenaga kerja baru dan menciptakan Multiplier Effect bagi stakeholder.

Komentar